Minggu, 07 Januari 2018

SYUKURAN NELAYAN PANGANDARAN



Tradisi yang terjaga sampai saat ini di pangandaran dan selalu ramai di kunjungi wisatawan lokal ataupun mancannegara yaitu syukuran nelayan di pangandaran rutin di selenggarakan di beberapa daerah seperti majingklak kalipucang,pangandaran,pantai bojongsalawe,pantai batukaras dan pantai legok jawa.
Dalam kegitan tersebut masyarakat sangat antusias apalagi ketika para nelayan ataupun pesiar yang ada ikut mengarak gunungan yang akan di ceburkan ke laut yang lokasinya jauh dari darat.
para nelayan ataupun pesiar mengajak sanak sodara untuk kegiatan tersebut, menurut kepercayaan masyarakat pangandaran air dari gunungan membawa berkah dan kepercayaan tersebut masih terjaga sampai saat ini kegitan tersebut di laksanakan pada bulan syura.
perahu pesiar dua satria ikut andil dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, sebelum gunungan di bawa ke tengah lau banyak kegiatan yang di selenggarakan yaitu upacara adat dan berdo'a supaya di beri keselamatan dan murah rezeki setelah kegiatan syukuran nelayan banyak sekali kegiatan lainnya yang di selenggarakan seperti pertunjukan wayang golek,berbagai perlombaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FLUX SOLDER KERAS BANGEEEETTTTT